Penyakit Mematikan Ayam Aduan

Penyakit Mematikan Ayam Aduan

Posted on

Penyakit Mematikan Ayam AduanPenyakit Mematikan Ayam Aduan di Dunia

Penyakit Mematikan Ayam Aduan merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian sebagai skenario terparahnya dalam dunia sabung ayam.

Jika anda seorang peternak maupun pengadu ayam aduan. Pastinya terdapat beberapa penyakit yang pernah di alami peliharaan kalian.

Dimana penyakit – penyakit tersebut masih ada obatnya, maupun tidak ada. Pada umumnya, penyakit mematikan yang tidak memiliki obat masih bisa di cegah dengan memberikan vaksin, maupun hal lainnya.

Selain hal tersebut, penyakit – penyakit itu dapat menyerang anak ayam aduan yang baru berusia 2 bulan kebawah. Dimana ayam aduan yang usianya belum mencapai 2 bulan keatas akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Dan untuk penyakit – penyakit mematikan pada sabung ayam. Merupakan penyakit yang banyak memiliki faktor penyebabnya.

Dimana penyakit mematikan tersebut bisa di sebabkan oleh faktor cuaca, pakan, lingkungan, dan sebagainya. Dan kondisi kandang yang tidak bersih juga menjadi salah satu penyebab adanya penyakit mematikan tersebut.

Di dalam artikel ini kita akan membahas beberapa penyakit yang sering menjangkit ayam aduan, maupun ayam lainnya .

Penyakit Dan Gejalanya Pada Ayam Aduan

Berikut adalah beberapa penyakit mematikan yang sering di alami oleh ayam petarung di dunia sabung ayam. Dengan penyakit yang terkadang tidak memiliki obat yang efektif untuk penyembuhan ayam aduan.

Marek

Marek Adalah jenis penyakit mematikan yang sering menjangkit ayam yang masih berumur 3 hingga 10 minggu. Dimana penyakit ini dapat di ketahui dengan gejala pada ayam yang memiliki badan kurus, terlihat lemas, warna kulit merah pucat, cara berjalan pincang, dan berdiri seperti sempoyongan.

Terkadang ayam akan mengalami kebutuhan, hingga memiliki tumor pada bagian bawah kulit ayam aduan. Penyakit mematikan ini belum memiliki obat yang baik untuk penyembuhannya.

Akan tetapi penyakit ini dapat di cegah dengan melakukan vaksinasi saat setelah menetas. Dengan vaksin yang di sarankan oleh dokter agar tidak salah dalam memberikan pencegahan dini ini.

Berak Darah

Penyakit mematikan ini sering juga di sebut dengan nama koksidiosis. Dimana salah satu penyebab penyakit mematikan ini adalah protozoa yang berasal dari genus Elimiria Sp.

Untuk tingkat parah dan tidaknya penyakit mematikan ini. Akan tergantung pada protozoa yang tidak sengaja termakan oleh ayam.

Dan untuk ayam yang tidak sengaja memakan protozoa ini akan memiliki gejala – gejala dimana ayam akakn mengalami pertumbuhan yang lambat, mencret (kotoran tidak solid dan terkadang cair) yang berwarna gelap karena terdapat darah di dalamnya.

Jika ada ayam yang mati, akan terdapat pembengkakan yang terjadi pada bagian usus besar. Dimana bagian tubuh tersebut akan terdapat darah yang terakumulasi.

Penyakit ini bisa di obati dengan menggunakan obat Noxal, Diklazuril, Sulfaquinoksalin, dan obat lainnya, sesuai dengan anjuran dokter spesialis ayam aduan.

Kolera

Merupakan penyakit mematikan jika di biarkan terus menerus. Dimana penyakit mematikan ini di sebabkan oleh kondisi lingkungan dan juga kandang yang tidak bersihl.

Sehingga kondisi tersebut menyebabkan bakteri Pasteurella Gallinarum berkembang biak. Dan menyerang ayam peliharaan, baik itu ayam petelur, ayam broiler, maupun ayam aduan.

Gejala – gejala yang dapat di lihat dalam penyakit ini adalah dengan penurunan kualitas telur. Bahkan jika di biarkan saja akan menyebabkan kematian.

Selain itu penyakit mematikan kolera akan membuat ayam aduan tidak nafsu makan, membuat ayam aduan memiliki persendian dan sayap yang bengkak. Dan hal tersebut dapat membuat ayam aduan menjadi lumpuh serta mengalami sesak nafas.

Ciri lain yang dapat di ketahui adalah jengger dan juga pial pada ayam akank berwarna merah kebiruan. Dimana ayam akan sering menggelengkan kepala, dengan kotoran yang terlihat tidak solid dan berwarna kuning, berlendir, dan juga berbau busuk.

Untuk saat ini, penyakit ini bisa di sembuhkan dengan memakai obat preparat sulfat, dan dapat di berikan antibiotik seperti inequil, ampisol, maupun noxal. Selain itu, kalian dapat membuat sendiri obat herbal yang terbuat dari bahan alami daun pepaya dan juga temu irenng. Yang dapat di racik dengan cara merebusnya.

Berak Hijau

Untuk penyakit mematikan ini, masih belum ada kejelasan apa yang menyebabkan berak hijau ada. Akan tetapi terdapat dugaan dimana penyakit mematikan berak hijau ini berasal dari bakteri yang menyebakan penyakit berak kapur. (Salmonella Pullorum).

Dimana penyakit ini merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian, dan sangat mudah menular melalui kontak langsung, pakan dan juga air minum.

Dan di sebut sebagai salah satu penyakit mematikan karena penyakit ini belum memiliki obat untuk menyembuhkannya. Dimana ayam yang sudah terlanjur terkena penyakit ini akan mengalami ganguan nafsu makan, jengger berwarna kebiruan, Mulut berlendir, bulu terlihat kusam, mata terlihat lesu, dan seperti namanya, kotoran akan berwarna hijau.

Karena tidak adanya obat untuk penyakit ini, hal yang dapat di lakukan adalah melakukan pencegahan. Dengan cara melakukan pemnbersihan kandang dan juga memberikan vaksin secara rutin.

Ngorok

Penyakit ngorok yang memiliki istilah medis Chronic Respiratory Disease (CRD) ini merupakan penyakit yang timbul karena bakteri. Dengan bakteri yang memiliki nama resmi Mycoplasma Gallisepticum.

Pada umumnya, penyakit mematikan ini akan menjagkit ayam yang berumur 4 hingga 9 minggu.  Dan dapat menular dengan cepat melalui kontak langsung, pakan, air minum, telur, dan juga manusia itu sendiri.

Untuk tanda – tanda yang dapat di lihat pada ayam yang tertular akan memiliki ciri sebagai berikut.

  • Penurunan Nafsu Makan
  • Kurus
  • Lesu
  • Bulu terlihat pucat
  • Kotoran tidak solid dan berwarna putih
  • Saat berfapas akan mengeluarkan suara seperti orang ngorok.

Baca juga : Ayam Bangkok Berkualitas Juara